Home
  • Kumpulan Makalah
  • Kumpulan Chord Gitar
  • Tips Dan Trik
  • About
  • Kontak
  • Disclaimer

Tampat Balajar

Home » pasar dan pemasaran » Makalah Pasar Dan Pemasaran

Thursday, February 27, 2020


BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Istilah kata  pasar dan pemasaran sering sekali dmana pun banyak di dengar dan kita jumpai.
Pasar menurut dalam arti sempit adalah suatu tempat pertemuan penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual dan jasa. Disamping adanya pasar ada juga pemasaran, pemasaran
adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai 
ekonomi. Nilai ekonomi itu sendiri menetukan harga barang dan jasa. Faktor penting
dalam menciptakan nilai tersebut adalah :
      a.       Produksi
      b.      Pemasaran
      c.       Konsumsi
Hubungan antara pasar dan pemasaran sangatlah berkaitan karena semuaberhubungan 
antara penjual dan pembeli.
1.2 Rumusan Masalah
      a.       Apa yang dimaksud pasar dan pemasaran ?
      b.      Apa perbedaan pasar dan pemasaran ?
      c.       Bagaimana pasar dan pemasaran
1.3 Tujuan
Tujuan pembuatan makalah ini adalah agar mahasiswa(i)/pembaca dapat mengetahui 
dan memahami:
      a.       Pasar dan pemasaran
      b.      Perbedaan atau perbandingan pasar dan pemasaran


BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Pasar
   Pengertian pasar menurut dalam arti sempit pasar adalah tempat terjadinya transaksi 
jual beli (penjualan dan pembelian) yang dilakukan oleh penjual dan pembeli yang terjadi
pada waktu dan tempat tertentu.
   Ciri khas sebuah pasar adalah adanya kegiatan transaksi atau jual beli. Para konsumen 
datang ke pasar untuk berbelanja dengan membawa uang untuk membayar harganya. 
Stanton, mengemukakan pengertian pasar yang lebih luas. Pasar dikatakannya merupakan 
orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja, dan kemauan 
untuk membelanjakannya. Jadi, dalam pengertian tersebut terdapat faktor-faktor yang 
menunjang terjadinya pasar, yakni: keinginan, daya beli, dan tingkah laku dalam pembelian.
   Pasar memiliki sekurang-kurangnya tiga fungsi utama, yaitu fungsi distribusi, fungsi 
pembentukan harga, dan fungsi promosi. Sebagai fungsi distribusi, pasar berperan sebagai 
penyalur barang dan jasa dari produsen ke konsumen melalui transaksi jual beli. Sebagai 
fungsi pembentukan harga, di pasar penjual yang melakukan permintaan atas barang yang dibutuhkan. Sebagai fungsi promosi, pasar juga dapat digunakan untuk memperkenalkan 
produk baru dari produsen kepada calon konsumennya. Berikut adalah syarat – syarat 
terjadinya pasar :
a.       Ada tempat untuk berniaga
b.      Ada barang dan jasa yang akan diperdagangkan
c.       Terdapat penjual barang tertentu
d.      Adanya pembeli barang
e.       Adanya hubungan antara transaksi jual beli
2.2 Fungsi-Fungsi Pasar
      A.    Pasar Sebagai Sarana Distribusi
Berfungsi memperlancar proses penyaluran barang atau jasa dari produsen ke konsumen. 
Dengan adanya pasar, produsen dapat berhubungan baik secara langsung maupun tidak 
langsung untuk menawarkan hasil produksinya kepada konsumen.


      B.     Pasar Sebagai Pembentuk Harga
Di pasar penjual menawarkan barang-barang atau jasa kepada pembeli. Pembeli yang 
membutuhkan barang atau jasa akan berusaha menawar harga dari barang atau jasa tersebut, 
sehingga terjadilah tawar-menawar antara kedua belah pihak. Setelah terjadi kesepakatan, terbentuklah harga. Dengan demikian, pasar berfungsi sebagai pembentuk harga.
      C.     Pasar Sebagai Sarana Promosi
Artinya pasar menjadi tempat memperkenalkan dan menginformasikan suatu barang/jasa 
tentang manfaat, keunggulan, dan kekhasannya pada konsumen. Promosi dapat dilakukan 
dengan berbagai cara antara lain, memasang spanduk, menyebarkan brosur, pameran, 
dan sebagainya.
2.3 Jenis-Jenis Pasar
1. Menurut dari bentuk kegiatannya pasar dibagi menjadi 2 yaitu :
a.       Pasar Nyata
Pasar nyata adalah pasar dimana barang-barang yang akan diperjual belikan 
dan dapat dibeli oleh pembeli. Contohnya, pasar tradisional dan pasar swalayan.
b.      Pasar Abstrak
Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang 
yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan
 surat dagangannya saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.
2. Menurut Bentuk dan Strukturnya
      a)      Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna (perfect competition) adalah sebuah jenis pasar dengan jumlah 
penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Harga
terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaan 
sehingga penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat memengaruhi harga dan hanya berperan 
sebagai penerima harga (price-taker).


      b)      Pasar Monopoli
Pasar monopoli (dari bahasa Yunani: monos: satu , polein: menjual) yaitu suatu bentuk
 pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar sehingga tidak ada pihak 
lain yang menyainginya . Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering 
disebut sebagai "monopolis".
      c)      Pasar Monopolistis
Pasar monopolistis pada dasarnya adalah pasar yang berada di antara dua jenis pasar yang 
ekstrem, yaitu persaingan sempurna dan monopoli.
      d)     Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli adalah adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh 
beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
3. Menurut Cara Transaksinya
a.       Pasar Tradisional
Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan 
pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung. Barang-barang yang 
diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.
b.      Pasar Modern
Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual 
belikan dengan harga pas dan dengan layanan sendiri.Tempat berlangsungnya pasar 
ini adalah di mall, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.
4. Menurut Jenis Barangnya
Beberapa pasar hanya menjual satu jenis barang tertentu, misalnya pasar hewan, 
pasar sayur, pasar buah, pasar ikan dan daging serta pasar loak.
5. Menurut Keleluasaan Distribusi
a.       Pasar Lokal : pasar yang membeli dan menjual produk dalam satu kota tempat 
produk itu dihasilkan.
b.      Pasar Daerah : Pasar Daerah membeli dan menjual produk dalam satu daerah 
produk itu dihasilkan.
c.       Pasar Nasional : pasar yang membeli dan menjual produk dalam satu negara tempat 
produk itu dihasilkan.
d.      Pasar Nasional : pasar yang membeli dan menjual produk dalam satu negara tempat 
produk itu dihasilkan.
e.       Pasar Internasional : pasar yang membeli dan menjual produk dari beberapa negara.
6. Menurut Waktu Penyelenggaraannya
a)      Pasar Harian
Pasar harian adalah pasar yang kegiatan jual belinya dilakukan tiap hari. Pasar 
harian ini umumnya terdapat di kota-kota.
b)      Pasar Mingguan
Pasar mingguan adalah pasar yang kegiatan jual belinya hanya satu kali dalam 
seminggu. Pasar mingguan ini terdapat di daerah-daerah pedesaan.
c)      Pasar Bulanan
Pasar bulanan adalah pasar yang kegiatan jual belinya dilakukan setiap sebulan 
sekali.
d)     Pasar Tahunan
Pasar tahunan adalah pasar yang kegiatan jual belinya dilakukan setiap setahun
 sekali.
e)      Pasar Temporer
Pasar temporer adalah pasar yang diselenggarakan organisasi/instansi pada acara 
tertentu, atau diadakannya hanya sewaktu-waktu (tidak tetap)
7. Menurut Barang Yang Diperjual Belikan
a.       Pasar Barang Konsumsi
Pasar barang konsumsi adalah pasar yang menjual barang-barang yang dapat langsung 
dipakai untuk kebutuhan rumah tangga. Misalnya, pasar yang memperjualbelikan 
beras, ikan, sayur-sayuran, buah-buahan, alat-alat rumah tangga, pakaian, dan lain 
sebagainya.
b.      Pasar Barang Produksi
Pasar barang produksi adalah pasar yang memperjual-belikan faktor-faktor produksi. 
Dalam pasar ini diperjualbelikan sumber daya produksi. Misalnya, pasar mesin-mesin, 
pasar tenaga kerja, dan pasar uang.


2.4 Pengertian Pemasaran
       Berikut merupakan beberapa pengertian dari para ahli :
     a.     Menurut Philip Kotler dan Amstrong
Pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan 
kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
     b.    Menurut W Stanton
Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang 
dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
     c.     Menurut Philip Kotler (Marketing)
Pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
     d.    Menurut H. Nystrom
Pemasaran adalah suatu kegiatan penyaluran barang atau jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen.
     e.     Menurut Philip dan Duncan
Pemasaran sebagai sesuatu yang meliputi semua langkah yang dipakai atau dibutuhkan untuk menempatkan barang yang bersifat tangible ke tangan konsumen.
       Jadi menurut saya, pemasaran merupakan suatu kegiatan usaha yang dilakukan oleh
individu maupun kelompok yang bertujuan memenuhi kebutuhan dan keinginan pembeli 
(konsumen) dengan melalui suatu transaksi.
2.5 Fungsi-Fungsi Pemasaran
a.    Fungsi Pertukaran
Dengan pemasaran pembeli dapat membeli produk dari produsen baik denganmenukar 
uang dengan produk maupun pertukaran produk dengan produk (barter)untuk dipakai 
sendiri atau untuk dijual kembali.
b.    Fungsi Distribusi Fisik
Distribusi fisik suatu produk dilakukan dengan cara mengangkut serta menyimpan produk. Produk diangkut dari produsen mendekati kebutuhan konsumen dengan banyak cara baik melalui darat, air, maupun udara. Penyimpanan produk mengedepankan menjaga pasokan produk agar tidak kekurangan saat dibutuhkan.
c.    Fungsi Perantara
Untuk menyampaikan produk dari tangan produsen ke tangan konsumen dapatdilakukan pelalui perantara pemasaran yang menghubungkan aktivitas pertukarandengan distribusi 
fisik. Aktivitas fungsi perantara antara lain seperti penguranganresiko, pembiayaan, 
pencarian informasi serta standarisasi/ penggolongan produk.
2.6 Konsep Pemasaran
       Konsep-konsep inti pemasaran meluputi kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, 
utilitas, nilai dan kepuasan, pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. 
Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan.
       Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. 
Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-
kebutuhan yang lebih mendalam.
       Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang didukung 
dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.
2.7 Pengertian Strategi Pemasaran
       Strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, 
bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang
 diharapkan dan kondisi persaingan. Dalam strategi pemasaran, ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran yaitu :
1.    Daur hidup produk
Strategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.
2.    Posisi persaingan perusahaan di pasar
Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan, apakah memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.


3.    Situasi ekonomi
Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan kedepan, 
apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.
2.8 Macam-Macam Strategi Pemasaran
A. Strategi kebutuhan primer
       Strategi-strategi pemasaran untuk merancang kebutuhan primer yaitu:
       a.       Menambah jumlah pemakai.
       b.      Meningkatkan jumlah pembeli.
B. Strategi Kebutuhan Selektif
       a.       Mempertahankan pelanggan misalnya:
Ø  Memelihara kepuasan pelanggan;
Ø  Menyederhanakan proses pembelian;
Ø  Mengurangi daya tarik atau jelang untuk beralih merk;
       b.      Menjaring pelanggan (Acquistion Strategier)
Ø  Mengambil posisi berhadapan (head – to heas positioning)
Ø  Mengambil posisi berbeda (differentiated positin)
Secara lebih jelas, strategi pemasaran dapat dibagi kedalam empat jenis yaitu:
     1.    Merangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai.
     2.    Merangsang kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian.   
     3.    Merangsang kebutuhan selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada. 
     4.    Merangsang kebutuhan selektif dengan menjaring pelanggan baru.


BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
       Pasar adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi jual 
beli barang atau jasa. Pasar memiliki sekurang-kurangnya tiga fungsi utama, yaitu fungsi
 distribusi, fungsi pembentukan harga, dan fungsi promosi.
       Pemasaran (Inggris:Marketing) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang 
bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.


DAFTAR PUSTAKA
Anoraga, Pandji dan Djoko Sudantoko. 2002. Koperasi, Kewirausahaan, dan Usaha Kecil. 
Jakarta : Penerbit Rineka Cipta.

M.Fuad, Christine H, Nurlela, Sugiarto, dan Paulus Y.E.F. 2000. Pengantar Bisnis. 
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Konsep Pemasaran. Dapat diakses pada http://media-grafika.com/konsep-pemasaran

Man Shabhira Zhafira. 2012. Pemasaran dan Strategi Pemasaran. Dapat diakses pada
manshabhirazhafira.blogspot.com/2012/05/strategipemasaran.html

Potoutusan Group February 27, 2020 CB Blogger Indonesia

Makalah Pasar Dan Pemasaran

Posted by Potoutusan Group on Thursday, February 27, 2020

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Istilah kata  pasar dan pemasaran sering sekali dmana pun banyak di dengar dan kita jumpai.
Pasar menurut dalam arti sempit adalah suatu tempat pertemuan penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual dan jasa. Disamping adanya pasar ada juga pemasaran, pemasaran
adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai 
ekonomi. Nilai ekonomi itu sendiri menetukan harga barang dan jasa. Faktor penting
dalam menciptakan nilai tersebut adalah :
      a.       Produksi
      b.      Pemasaran
      c.       Konsumsi
Hubungan antara pasar dan pemasaran sangatlah berkaitan karena semuaberhubungan 
antara penjual dan pembeli.
1.2 Rumusan Masalah
      a.       Apa yang dimaksud pasar dan pemasaran ?
      b.      Apa perbedaan pasar dan pemasaran ?
      c.       Bagaimana pasar dan pemasaran
1.3 Tujuan
Tujuan pembuatan makalah ini adalah agar mahasiswa(i)/pembaca dapat mengetahui 
dan memahami:
      a.       Pasar dan pemasaran
      b.      Perbedaan atau perbandingan pasar dan pemasaran


BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Pasar
   Pengertian pasar menurut dalam arti sempit pasar adalah tempat terjadinya transaksi 
jual beli (penjualan dan pembelian) yang dilakukan oleh penjual dan pembeli yang terjadi
pada waktu dan tempat tertentu.
   Ciri khas sebuah pasar adalah adanya kegiatan transaksi atau jual beli. Para konsumen 
datang ke pasar untuk berbelanja dengan membawa uang untuk membayar harganya. 
Stanton, mengemukakan pengertian pasar yang lebih luas. Pasar dikatakannya merupakan 
orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja, dan kemauan 
untuk membelanjakannya. Jadi, dalam pengertian tersebut terdapat faktor-faktor yang 
menunjang terjadinya pasar, yakni: keinginan, daya beli, dan tingkah laku dalam pembelian.
   Pasar memiliki sekurang-kurangnya tiga fungsi utama, yaitu fungsi distribusi, fungsi 
pembentukan harga, dan fungsi promosi. Sebagai fungsi distribusi, pasar berperan sebagai 
penyalur barang dan jasa dari produsen ke konsumen melalui transaksi jual beli. Sebagai 
fungsi pembentukan harga, di pasar penjual yang melakukan permintaan atas barang yang dibutuhkan. Sebagai fungsi promosi, pasar juga dapat digunakan untuk memperkenalkan 
produk baru dari produsen kepada calon konsumennya. Berikut adalah syarat – syarat 
terjadinya pasar :
a.       Ada tempat untuk berniaga
b.      Ada barang dan jasa yang akan diperdagangkan
c.       Terdapat penjual barang tertentu
d.      Adanya pembeli barang
e.       Adanya hubungan antara transaksi jual beli
2.2 Fungsi-Fungsi Pasar
      A.    Pasar Sebagai Sarana Distribusi
Berfungsi memperlancar proses penyaluran barang atau jasa dari produsen ke konsumen. 
Dengan adanya pasar, produsen dapat berhubungan baik secara langsung maupun tidak 
langsung untuk menawarkan hasil produksinya kepada konsumen.


      B.     Pasar Sebagai Pembentuk Harga
Di pasar penjual menawarkan barang-barang atau jasa kepada pembeli. Pembeli yang 
membutuhkan barang atau jasa akan berusaha menawar harga dari barang atau jasa tersebut, 
sehingga terjadilah tawar-menawar antara kedua belah pihak. Setelah terjadi kesepakatan, terbentuklah harga. Dengan demikian, pasar berfungsi sebagai pembentuk harga.
      C.     Pasar Sebagai Sarana Promosi
Artinya pasar menjadi tempat memperkenalkan dan menginformasikan suatu barang/jasa 
tentang manfaat, keunggulan, dan kekhasannya pada konsumen. Promosi dapat dilakukan 
dengan berbagai cara antara lain, memasang spanduk, menyebarkan brosur, pameran, 
dan sebagainya.
2.3 Jenis-Jenis Pasar
1. Menurut dari bentuk kegiatannya pasar dibagi menjadi 2 yaitu :
a.       Pasar Nyata
Pasar nyata adalah pasar dimana barang-barang yang akan diperjual belikan 
dan dapat dibeli oleh pembeli. Contohnya, pasar tradisional dan pasar swalayan.
b.      Pasar Abstrak
Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang 
yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan
 surat dagangannya saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.
2. Menurut Bentuk dan Strukturnya
      a)      Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna (perfect competition) adalah sebuah jenis pasar dengan jumlah 
penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Harga
terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaan 
sehingga penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat memengaruhi harga dan hanya berperan 
sebagai penerima harga (price-taker).


      b)      Pasar Monopoli
Pasar monopoli (dari bahasa Yunani: monos: satu , polein: menjual) yaitu suatu bentuk
 pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar sehingga tidak ada pihak 
lain yang menyainginya . Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering 
disebut sebagai "monopolis".
      c)      Pasar Monopolistis
Pasar monopolistis pada dasarnya adalah pasar yang berada di antara dua jenis pasar yang 
ekstrem, yaitu persaingan sempurna dan monopoli.
      d)     Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli adalah adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh 
beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
3. Menurut Cara Transaksinya
a.       Pasar Tradisional
Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan 
pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung. Barang-barang yang 
diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.
b.      Pasar Modern
Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual 
belikan dengan harga pas dan dengan layanan sendiri.Tempat berlangsungnya pasar 
ini adalah di mall, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.
4. Menurut Jenis Barangnya
Beberapa pasar hanya menjual satu jenis barang tertentu, misalnya pasar hewan, 
pasar sayur, pasar buah, pasar ikan dan daging serta pasar loak.
5. Menurut Keleluasaan Distribusi
a.       Pasar Lokal : pasar yang membeli dan menjual produk dalam satu kota tempat 
produk itu dihasilkan.
b.      Pasar Daerah : Pasar Daerah membeli dan menjual produk dalam satu daerah 
produk itu dihasilkan.
c.       Pasar Nasional : pasar yang membeli dan menjual produk dalam satu negara tempat 
produk itu dihasilkan.
d.      Pasar Nasional : pasar yang membeli dan menjual produk dalam satu negara tempat 
produk itu dihasilkan.
e.       Pasar Internasional : pasar yang membeli dan menjual produk dari beberapa negara.
6. Menurut Waktu Penyelenggaraannya
a)      Pasar Harian
Pasar harian adalah pasar yang kegiatan jual belinya dilakukan tiap hari. Pasar 
harian ini umumnya terdapat di kota-kota.
b)      Pasar Mingguan
Pasar mingguan adalah pasar yang kegiatan jual belinya hanya satu kali dalam 
seminggu. Pasar mingguan ini terdapat di daerah-daerah pedesaan.
c)      Pasar Bulanan
Pasar bulanan adalah pasar yang kegiatan jual belinya dilakukan setiap sebulan 
sekali.
d)     Pasar Tahunan
Pasar tahunan adalah pasar yang kegiatan jual belinya dilakukan setiap setahun
 sekali.
e)      Pasar Temporer
Pasar temporer adalah pasar yang diselenggarakan organisasi/instansi pada acara 
tertentu, atau diadakannya hanya sewaktu-waktu (tidak tetap)
7. Menurut Barang Yang Diperjual Belikan
a.       Pasar Barang Konsumsi
Pasar barang konsumsi adalah pasar yang menjual barang-barang yang dapat langsung 
dipakai untuk kebutuhan rumah tangga. Misalnya, pasar yang memperjualbelikan 
beras, ikan, sayur-sayuran, buah-buahan, alat-alat rumah tangga, pakaian, dan lain 
sebagainya.
b.      Pasar Barang Produksi
Pasar barang produksi adalah pasar yang memperjual-belikan faktor-faktor produksi. 
Dalam pasar ini diperjualbelikan sumber daya produksi. Misalnya, pasar mesin-mesin, 
pasar tenaga kerja, dan pasar uang.


2.4 Pengertian Pemasaran
       Berikut merupakan beberapa pengertian dari para ahli :
     a.     Menurut Philip Kotler dan Amstrong
Pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan 
kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
     b.    Menurut W Stanton
Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang 
dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
     c.     Menurut Philip Kotler (Marketing)
Pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
     d.    Menurut H. Nystrom
Pemasaran adalah suatu kegiatan penyaluran barang atau jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen.
     e.     Menurut Philip dan Duncan
Pemasaran sebagai sesuatu yang meliputi semua langkah yang dipakai atau dibutuhkan untuk menempatkan barang yang bersifat tangible ke tangan konsumen.
       Jadi menurut saya, pemasaran merupakan suatu kegiatan usaha yang dilakukan oleh
individu maupun kelompok yang bertujuan memenuhi kebutuhan dan keinginan pembeli 
(konsumen) dengan melalui suatu transaksi.
2.5 Fungsi-Fungsi Pemasaran
a.    Fungsi Pertukaran
Dengan pemasaran pembeli dapat membeli produk dari produsen baik denganmenukar 
uang dengan produk maupun pertukaran produk dengan produk (barter)untuk dipakai 
sendiri atau untuk dijual kembali.
b.    Fungsi Distribusi Fisik
Distribusi fisik suatu produk dilakukan dengan cara mengangkut serta menyimpan produk. Produk diangkut dari produsen mendekati kebutuhan konsumen dengan banyak cara baik melalui darat, air, maupun udara. Penyimpanan produk mengedepankan menjaga pasokan produk agar tidak kekurangan saat dibutuhkan.
c.    Fungsi Perantara
Untuk menyampaikan produk dari tangan produsen ke tangan konsumen dapatdilakukan pelalui perantara pemasaran yang menghubungkan aktivitas pertukarandengan distribusi 
fisik. Aktivitas fungsi perantara antara lain seperti penguranganresiko, pembiayaan, 
pencarian informasi serta standarisasi/ penggolongan produk.
2.6 Konsep Pemasaran
       Konsep-konsep inti pemasaran meluputi kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, 
utilitas, nilai dan kepuasan, pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. 
Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan.
       Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. 
Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-
kebutuhan yang lebih mendalam.
       Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang didukung 
dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.
2.7 Pengertian Strategi Pemasaran
       Strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, 
bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang
 diharapkan dan kondisi persaingan. Dalam strategi pemasaran, ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran yaitu :
1.    Daur hidup produk
Strategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.
2.    Posisi persaingan perusahaan di pasar
Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan, apakah memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.


3.    Situasi ekonomi
Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan kedepan, 
apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.
2.8 Macam-Macam Strategi Pemasaran
A. Strategi kebutuhan primer
       Strategi-strategi pemasaran untuk merancang kebutuhan primer yaitu:
       a.       Menambah jumlah pemakai.
       b.      Meningkatkan jumlah pembeli.
B. Strategi Kebutuhan Selektif
       a.       Mempertahankan pelanggan misalnya:
Ø  Memelihara kepuasan pelanggan;
Ø  Menyederhanakan proses pembelian;
Ø  Mengurangi daya tarik atau jelang untuk beralih merk;
       b.      Menjaring pelanggan (Acquistion Strategier)
Ø  Mengambil posisi berhadapan (head – to heas positioning)
Ø  Mengambil posisi berbeda (differentiated positin)
Secara lebih jelas, strategi pemasaran dapat dibagi kedalam empat jenis yaitu:
     1.    Merangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai.
     2.    Merangsang kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian.   
     3.    Merangsang kebutuhan selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada. 
     4.    Merangsang kebutuhan selektif dengan menjaring pelanggan baru.


BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
       Pasar adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi jual 
beli barang atau jasa. Pasar memiliki sekurang-kurangnya tiga fungsi utama, yaitu fungsi
 distribusi, fungsi pembentukan harga, dan fungsi promosi.
       Pemasaran (Inggris:Marketing) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang 
bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.


DAFTAR PUSTAKA
Anoraga, Pandji dan Djoko Sudantoko. 2002. Koperasi, Kewirausahaan, dan Usaha Kecil. 
Jakarta : Penerbit Rineka Cipta.

M.Fuad, Christine H, Nurlela, Sugiarto, dan Paulus Y.E.F. 2000. Pengantar Bisnis. 
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Konsep Pemasaran. Dapat diakses pada http://media-grafika.com/konsep-pemasaran

Man Shabhira Zhafira. 2012. Pemasaran dan Strategi Pemasaran. Dapat diakses pada
manshabhirazhafira.blogspot.com/2012/05/strategipemasaran.html

No comments :

Post a Comment

Subscribe to: Post Comments ( Atom )

Total Pageviews

Recent Posts

Popular Posts

  • Download Template Undangan Gratis Video dan Cetak (Format PPT dan PSD)
  • Modul 4 - Pelatihan Photoshop
  • Makalah Anabolisme Lipid
  • Termudah! 2 Cara Cek Spesifikasi Laptop/Komputer
  • Chord Guitar Amigdala - Kukira Kau Rumah
Powered by Blogger.

Report Abuse

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Popular Posts

  • Chord Gitar dan Lirik Enau - Negara Lucu
    Capo : 2 [verse] C G C Sudut pandangku tentang mereka F G C Yang banyak tanya tanp...
  • Chord Gitar dan Lirik Chrisye - Damai Bersamamu
    Intro : C G F G C G Am G F C C                      G                      C Aku Termenung Di Bawah Mentari F                        ...
  • Chord Gitar dan Lirik Lagu Enau - Krisis Solusi
    Intro : Bm [Verse 1]   Bm    E Lampu sen kiri belok kekanan     F#m Siapa yang pernah melakukannya   Bm    E Dikasi halal mau ...
  • Chord Gitar dan Lirik Enau - Warung Kopi
    Intro : Am D G Bm Fm Am D         G                    C# Maju kena mundur kena               Am               D zaman banyak ken...
  • Makalah Anabolisme
    BAB I PENDAHULUAN   A.       Latar Belakang Metabolisme adalah semua reaksi kimia yang terjadi di dalam organisme, termasuk yang terjadi di...
  • Chord Gitar dan Lirik Enau - Tanpa Koma
    Intro : Em - C - G 2x Verse I        Am Tanpa koma ku dibully       D      G Caci maki ku konsumsi        Am Fisik tolak ukur mer...
  • Makalah Makanan, Kesehatan, Penyakit Dan Pencegahannya
    BAB I PENDAHULUAN 1.1   Latar Belakang Makanan adalah kebutuhan sehari-hari bagi manusia, Kesehatan merupakan hal terpenting dalam hidup ki...
Terimakasih Telah Berkunjung Ke Blog Kami :)

Loading...

Copyright © Tampat Balajar. All rights reserved