Home
  • Kumpulan Makalah
  • Kumpulan Chord Gitar
  • Tips Dan Trik
  • About
  • Kontak
  • Disclaimer

Tampat Balajar

Home » manajemen » Makalah Bisnis Plan

Sunday, June 23, 2019


BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Indonesia adalah negara beriklim tropis yang berarti cuaca panas menjadi hal biasa bagi masyrakat indonesia. Mungkin hal tersebutlah yang menjadi sebab lahirnya berbagai jenis minuman khas Indonesia. Bahkan minuman – minuman tersebut menjadi bisnis yang sangat bisa diperhitungkan. Kita dapat lihat di sebagian daerah di Indonesia, stand minuman seperti Jus buah, sup buah, es buah, cendol dan lain sebagainya sudah begitu lumrah di masyarakat kita. Bisnis tersebut terus bertahan bahkan berkembang sampai sekarang karena memang didukung needs dan wants dari masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah tropis ini, tak terkecuali di Kota gorontalo. Dengan keadaan tersebut kami mencoba menagkap kesempatan yang sama tapi dengan produk berbeda. Disini kami akan mencoba untuk menyalurkan interest kami tentang cokelat menjadi sebuah produk minuman cokelat (chocolate drink) dan menyuguhkannya ke konsumen. Ditambah dengan selera masyarakat yang pada umumnya menyukai rasa cokelat, kami berharap hal-hal tersebut menjadi efek pengganda bagi bisnis kami ini.
1.2 Deskripsi Bisnis
Coklat Nyengir adalah bisnis yang menawarkan minuman cokelat baik dingin maupun panas dengan berbagai varian produk yang unik. Dengan kegiatan tersebut Coklat Nyengir akan menghasilkan keuntungan bagi pemilik dan pejalan bisnis ini. Cokelat Nyengir akan memulai usahanya di Jalan ujung bali 3.
1.3 Tujuan
  1. Menciptakan sebuah minuman cokelat dengan berbagai variasi unik dan menarik.
  2. Mengusahakan segmentasi yang lebih merakyat dengan penentuan harga yang lebih terjangakau.
  3. Melesetarikan Minuman Cokelat sebagai bagian dari budaya masyarakat lokal.


BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Gambaran Produk
Produk kami adalah berupa minuman cokelat baik minuman cokelat murni, shake, atau smoothie. Campurannya bervariasi, seperti pisang, strawberi, cendol, kacang, biskuit, dll. Untuk awal bisnis kami merencanakan 8 varian minuman cokelat yang kami bagi menjadi 3 tingkatan yaitu :
  1. Level 1 (Harga : Rp. 5000) Ã  4 varian
  2. Level 2 (Harga : Rp. 7000) Ã  3 varian
  3. Level 3 (harga : Rp. 10000) Ã  1 varian
Produk-produk tersebut ada kemungkinan untuk mengalami perubahan, pertambahan ataupun pengurangan.
2.2 Gambaran Pasar
Pasar utama kami adalah semua orang yang menyukai rasa cokelat, yang menginginkan manfaat cokelat, ataupun sekedar ingin melepaskan dahaga.
2.3 Segementasi dan Target Pasar
Kami mengusahakan segementasi pasar kami seluas mungkin. Pertama, karena sifat dari minuman itu sendiri yang dibutuhkan oleh setiap orang. Kedua, karena hampir semua orang menyukai rasa cokelat. Tetapi, kami memperkirakan pembeli potensial terbanyak adalah golongan usia remaja ke bawah.
Secara garis besar kami menciptakan dan menjual produk yang bersifat merakyat alias terjangkau. Tetap kami juga menyediakan satu atau beberapa varian produk yang berkualitas tinggi (dan dengan harga lebih tinggi tentunya). Tingkatan kualitas tersebut (dari bawah ke atas) kami bagi dalam beberapa level, yaitu 1 – 3, dengan harapan menjadi nilai positif bagi efek psikologis ke konsumen.
Singkatnya profil pelanggan kami adalah sebagai berikut :
Rata- Rata Umur
10 sampai 45 Tahun
Pendapatan
Menengah Ke Bawah
Lokasi Geografis
Kota Gorontalo
Alasan Membeli
Menyukai Rasa Coklat, menginginkan manfaat cokelat, atau sekedar menghilangkan stress

2.4 Strategi Pemasaran
Dalam mengusahakan agar produk sampai ke tangan konsumen kami menyusun strategi pemasaran sebagai berikut:
  1. Membuat dan membuka stand yang eye catching.
  2. Menyebarkan Pamflet
  3. Mengiklankan di Dunia maya
  4. Promosi pada waktu pembukaan dengan membagikan minuman gratis
Pada periode awal bisnis ini, kami mencoba menjadikan mahasiswa, khususnya mahasiswa STEI Tazkia, menjadi basis pelanggan tetap kami dengan memanfaat identitas dan relasi kami sebagai mahasiswa.
2.5 Analisis Keuangan
Gerobak
Rp. 2.000.000
Ketel Listrik
Rp. 250.000
Galon
Rp. 50.000
Blender
Rp. 250.000
Termos Air Panas
Rp. 150.000
Termos Es Batu
Rp. 100.000
Gelas, Sedotan, Plastik, Stiker
Rp. 900.000
Keranjang
Rp. 50.000
Kursi 3 Buah
Rp. 90.000
Gaji Pegawai
Rp. 450.000
Seragam
Rp. 100.000
Sewa Tempat/Bulan
Rp. 350.000
Pamflet 25 Lembar
Rp. 50.000
Banner (1x1) 2 Buah
Rp. 60.000
Total
Rp. 4790.000
2.6 Rencana Pengembangan Usaha
Aktifitas dan Penjadwalan
Satu periode ini kami adalah sebulan atau setara dengan 30 hari. Adapun kegiatan-kegiatan kami bila dibagi berdasarkan waktu adalah sebagai berikut :
1.      Satu hari (setiap hari)
2.      Penjualan (7 hari dalam seminggu)
3.      Pencatatan keuangan
4.      Seminggu
5.      Evaluasi operasional
6.      Pemenuhan suplai
7.      Sebulan
8.      Pembentukan laporan keuangan bulanan
9.      Evaluasi performa bisnis
10.  Setahun
11.  Pembentukan laporan keuangan tahunan
12.  Evaluasi performa bisnis
BAB III
FAKTOR – FAKTOR PENGHAMBAT DAN PENDUKUNG
3.1 Analisis Pesaing
Dilihat lokasinya, target pasar kami belum ada yang menjalankan usaha dalam jenis yang sama dengan yang akan kami jalankan. Tetapi dalam bidang yang sama, yaitu bidang minuman, disana sudah ada usaha seperti es buah, sop buah, es kelapa, es cendol dan lain-lain. Sedangkan usaha di bidang dan jenis yang sama –walaupun belum ada di lokasi target pasar kami- sudah mulai banyak bermunculan, baik berupa franchise maupun bukan. Beberapa nama pesaing potensial yang sudah mulai terkenal dalam bidang penjualan minuman cokelat adalah :
  1. Pasco Franchise
  2. Choco Rich
3.2 Analisis Swot
3.2.1 Strength
  1. Persaingan yang masih sedikit dalam pasar
  2. Segmentasi pasar yang luas
  3. Konsep produk yang unik
  4. Manfaat khas dari cokelat
3.2.2 Weakness
  1. Kekurang-kenalan masyarakat terhadap minuman cokelat
  2. Keterbatasan supplier bahan baku
  3. Kurangnya pengalaman
3.2.4 Opportunity
  1. Melestarikan minuman cokelat dalam masyarakat
  2. Menjadi primadona dalam bisnis minuman cokelat
  3. Mengembangkan bisnis dalam bentuk franchise
3.2.5 Threat
  1. Potensi Munculnya bisnis baru yang sama
  2. Potensi berkembangnya bisnis yang sama yang sudah ada

BAB IV
ASPEK PRODUKSI
4.1 Fasilitas Dan Perlengkapan
  1. Tempat 2 x 2 meter
  2. Gerobak dan perlengakapannya
  3. Blender
  4. Listrik
  5. Air
  6. Ketel listrik
  7. Kursi
  8. Termos
  9. Keranjang
  10. Tenaga karyawan
4.2 Kapasitas Produksi
Kapasitas maksimal produksi kami perhari adalah sekitar 100 cup/hari setara dengan 1 kg bahan baku bubuk cokelat
4.3 Pemasok
Untuk bahan dasar, yaitu bubuk minuman cokelat, kami menyuplai dari perusahaan BT Cocoa, atau dengan nama asli Bumitangerang Mesindotama. BT Cocoa didirikan pada tahun 1993. Pada tahun 2000 BT cocoa fokus dalam produksi produk cokelat salah satunya adalah minuman cokelat. Sedangkan untuk bahan lainnya kami akan menyuplai dari pasar lokal atau di supermaket,
Untuk jauh kedepannya kami berencana akan mencoba untuk memproses sendiri cokelatnya sehingga bisa memangkas biaya produksi.

BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
            Menurut kami usaha ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Kami sangat yakin bahwa usaha ini akan maju dan terus berkembang karena dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai kualitas dalam menjalankan setiap pekerjaan. Kami sadar bahwa usaha ini tak akan langsung berkembang pesat tapi kami akan terus berjuang menjalankan dan mengembangkan usaha ini sampai mencapai tujuannya.

Download File PDF Disini...!!!

Potoutusan Group June 23, 2019 CB Blogger Indonesia

Makalah Bisnis Plan

Posted by Potoutusan Group on Sunday, June 23, 2019

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Indonesia adalah negara beriklim tropis yang berarti cuaca panas menjadi hal biasa bagi masyrakat indonesia. Mungkin hal tersebutlah yang menjadi sebab lahirnya berbagai jenis minuman khas Indonesia. Bahkan minuman – minuman tersebut menjadi bisnis yang sangat bisa diperhitungkan. Kita dapat lihat di sebagian daerah di Indonesia, stand minuman seperti Jus buah, sup buah, es buah, cendol dan lain sebagainya sudah begitu lumrah di masyarakat kita. Bisnis tersebut terus bertahan bahkan berkembang sampai sekarang karena memang didukung needs dan wants dari masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah tropis ini, tak terkecuali di Kota gorontalo. Dengan keadaan tersebut kami mencoba menagkap kesempatan yang sama tapi dengan produk berbeda. Disini kami akan mencoba untuk menyalurkan interest kami tentang cokelat menjadi sebuah produk minuman cokelat (chocolate drink) dan menyuguhkannya ke konsumen. Ditambah dengan selera masyarakat yang pada umumnya menyukai rasa cokelat, kami berharap hal-hal tersebut menjadi efek pengganda bagi bisnis kami ini.
1.2 Deskripsi Bisnis
Coklat Nyengir adalah bisnis yang menawarkan minuman cokelat baik dingin maupun panas dengan berbagai varian produk yang unik. Dengan kegiatan tersebut Coklat Nyengir akan menghasilkan keuntungan bagi pemilik dan pejalan bisnis ini. Cokelat Nyengir akan memulai usahanya di Jalan ujung bali 3.
1.3 Tujuan
  1. Menciptakan sebuah minuman cokelat dengan berbagai variasi unik dan menarik.
  2. Mengusahakan segmentasi yang lebih merakyat dengan penentuan harga yang lebih terjangakau.
  3. Melesetarikan Minuman Cokelat sebagai bagian dari budaya masyarakat lokal.


BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Gambaran Produk
Produk kami adalah berupa minuman cokelat baik minuman cokelat murni, shake, atau smoothie. Campurannya bervariasi, seperti pisang, strawberi, cendol, kacang, biskuit, dll. Untuk awal bisnis kami merencanakan 8 varian minuman cokelat yang kami bagi menjadi 3 tingkatan yaitu :
  1. Level 1 (Harga : Rp. 5000) Ã  4 varian
  2. Level 2 (Harga : Rp. 7000) Ã  3 varian
  3. Level 3 (harga : Rp. 10000) Ã  1 varian
Produk-produk tersebut ada kemungkinan untuk mengalami perubahan, pertambahan ataupun pengurangan.
2.2 Gambaran Pasar
Pasar utama kami adalah semua orang yang menyukai rasa cokelat, yang menginginkan manfaat cokelat, ataupun sekedar ingin melepaskan dahaga.
2.3 Segementasi dan Target Pasar
Kami mengusahakan segementasi pasar kami seluas mungkin. Pertama, karena sifat dari minuman itu sendiri yang dibutuhkan oleh setiap orang. Kedua, karena hampir semua orang menyukai rasa cokelat. Tetapi, kami memperkirakan pembeli potensial terbanyak adalah golongan usia remaja ke bawah.
Secara garis besar kami menciptakan dan menjual produk yang bersifat merakyat alias terjangkau. Tetap kami juga menyediakan satu atau beberapa varian produk yang berkualitas tinggi (dan dengan harga lebih tinggi tentunya). Tingkatan kualitas tersebut (dari bawah ke atas) kami bagi dalam beberapa level, yaitu 1 – 3, dengan harapan menjadi nilai positif bagi efek psikologis ke konsumen.
Singkatnya profil pelanggan kami adalah sebagai berikut :
Rata- Rata Umur
10 sampai 45 Tahun
Pendapatan
Menengah Ke Bawah
Lokasi Geografis
Kota Gorontalo
Alasan Membeli
Menyukai Rasa Coklat, menginginkan manfaat cokelat, atau sekedar menghilangkan stress

2.4 Strategi Pemasaran
Dalam mengusahakan agar produk sampai ke tangan konsumen kami menyusun strategi pemasaran sebagai berikut:
  1. Membuat dan membuka stand yang eye catching.
  2. Menyebarkan Pamflet
  3. Mengiklankan di Dunia maya
  4. Promosi pada waktu pembukaan dengan membagikan minuman gratis
Pada periode awal bisnis ini, kami mencoba menjadikan mahasiswa, khususnya mahasiswa STEI Tazkia, menjadi basis pelanggan tetap kami dengan memanfaat identitas dan relasi kami sebagai mahasiswa.
2.5 Analisis Keuangan
Gerobak
Rp. 2.000.000
Ketel Listrik
Rp. 250.000
Galon
Rp. 50.000
Blender
Rp. 250.000
Termos Air Panas
Rp. 150.000
Termos Es Batu
Rp. 100.000
Gelas, Sedotan, Plastik, Stiker
Rp. 900.000
Keranjang
Rp. 50.000
Kursi 3 Buah
Rp. 90.000
Gaji Pegawai
Rp. 450.000
Seragam
Rp. 100.000
Sewa Tempat/Bulan
Rp. 350.000
Pamflet 25 Lembar
Rp. 50.000
Banner (1x1) 2 Buah
Rp. 60.000
Total
Rp. 4790.000
2.6 Rencana Pengembangan Usaha
Aktifitas dan Penjadwalan
Satu periode ini kami adalah sebulan atau setara dengan 30 hari. Adapun kegiatan-kegiatan kami bila dibagi berdasarkan waktu adalah sebagai berikut :
1.      Satu hari (setiap hari)
2.      Penjualan (7 hari dalam seminggu)
3.      Pencatatan keuangan
4.      Seminggu
5.      Evaluasi operasional
6.      Pemenuhan suplai
7.      Sebulan
8.      Pembentukan laporan keuangan bulanan
9.      Evaluasi performa bisnis
10.  Setahun
11.  Pembentukan laporan keuangan tahunan
12.  Evaluasi performa bisnis
BAB III
FAKTOR – FAKTOR PENGHAMBAT DAN PENDUKUNG
3.1 Analisis Pesaing
Dilihat lokasinya, target pasar kami belum ada yang menjalankan usaha dalam jenis yang sama dengan yang akan kami jalankan. Tetapi dalam bidang yang sama, yaitu bidang minuman, disana sudah ada usaha seperti es buah, sop buah, es kelapa, es cendol dan lain-lain. Sedangkan usaha di bidang dan jenis yang sama –walaupun belum ada di lokasi target pasar kami- sudah mulai banyak bermunculan, baik berupa franchise maupun bukan. Beberapa nama pesaing potensial yang sudah mulai terkenal dalam bidang penjualan minuman cokelat adalah :
  1. Pasco Franchise
  2. Choco Rich
3.2 Analisis Swot
3.2.1 Strength
  1. Persaingan yang masih sedikit dalam pasar
  2. Segmentasi pasar yang luas
  3. Konsep produk yang unik
  4. Manfaat khas dari cokelat
3.2.2 Weakness
  1. Kekurang-kenalan masyarakat terhadap minuman cokelat
  2. Keterbatasan supplier bahan baku
  3. Kurangnya pengalaman
3.2.4 Opportunity
  1. Melestarikan minuman cokelat dalam masyarakat
  2. Menjadi primadona dalam bisnis minuman cokelat
  3. Mengembangkan bisnis dalam bentuk franchise
3.2.5 Threat
  1. Potensi Munculnya bisnis baru yang sama
  2. Potensi berkembangnya bisnis yang sama yang sudah ada

BAB IV
ASPEK PRODUKSI
4.1 Fasilitas Dan Perlengkapan
  1. Tempat 2 x 2 meter
  2. Gerobak dan perlengakapannya
  3. Blender
  4. Listrik
  5. Air
  6. Ketel listrik
  7. Kursi
  8. Termos
  9. Keranjang
  10. Tenaga karyawan
4.2 Kapasitas Produksi
Kapasitas maksimal produksi kami perhari adalah sekitar 100 cup/hari setara dengan 1 kg bahan baku bubuk cokelat
4.3 Pemasok
Untuk bahan dasar, yaitu bubuk minuman cokelat, kami menyuplai dari perusahaan BT Cocoa, atau dengan nama asli Bumitangerang Mesindotama. BT Cocoa didirikan pada tahun 1993. Pada tahun 2000 BT cocoa fokus dalam produksi produk cokelat salah satunya adalah minuman cokelat. Sedangkan untuk bahan lainnya kami akan menyuplai dari pasar lokal atau di supermaket,
Untuk jauh kedepannya kami berencana akan mencoba untuk memproses sendiri cokelatnya sehingga bisa memangkas biaya produksi.

BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
            Menurut kami usaha ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Kami sangat yakin bahwa usaha ini akan maju dan terus berkembang karena dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai kualitas dalam menjalankan setiap pekerjaan. Kami sadar bahwa usaha ini tak akan langsung berkembang pesat tapi kami akan terus berjuang menjalankan dan mengembangkan usaha ini sampai mencapai tujuannya.

Download File PDF Disini...!!!

No comments :

Post a Comment

Subscribe to: Post Comments ( Atom )

Total Pageviews

Recent Posts

Popular Posts

  • Download Template Undangan Gratis Video dan Cetak (Format PPT dan PSD)
  • Modul 4 - Pelatihan Photoshop
  • Makalah Anabolisme Lipid
  • Termudah! 2 Cara Cek Spesifikasi Laptop/Komputer
  • Chord Guitar Amigdala - Kukira Kau Rumah
Powered by Blogger.

Report Abuse

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Popular Posts

  • Chord Gitar dan Lirik Enau - Negara Lucu
    Capo : 2 [verse] C G C Sudut pandangku tentang mereka F G C Yang banyak tanya tanp...
  • Chord Gitar dan Lirik Chrisye - Damai Bersamamu
    Intro : C G F G C G Am G F C C                      G                      C Aku Termenung Di Bawah Mentari F                        ...
  • Chord Gitar dan Lirik Lagu Enau - Krisis Solusi
    Intro : Bm [Verse 1]   Bm    E Lampu sen kiri belok kekanan     F#m Siapa yang pernah melakukannya   Bm    E Dikasi halal mau ...
  • Chord Gitar dan Lirik Enau - Warung Kopi
    Intro : Am D G Bm Fm Am D         G                    C# Maju kena mundur kena               Am               D zaman banyak ken...
  • Makalah Anabolisme
    BAB I PENDAHULUAN   A.       Latar Belakang Metabolisme adalah semua reaksi kimia yang terjadi di dalam organisme, termasuk yang terjadi di...
  • Chord Gitar dan Lirik Enau - Tanpa Koma
    Intro : Em - C - G 2x Verse I        Am Tanpa koma ku dibully       D      G Caci maki ku konsumsi        Am Fisik tolak ukur mer...
  • Makalah Makanan, Kesehatan, Penyakit Dan Pencegahannya
    BAB I PENDAHULUAN 1.1   Latar Belakang Makanan adalah kebutuhan sehari-hari bagi manusia, Kesehatan merupakan hal terpenting dalam hidup ki...
Terimakasih Telah Berkunjung Ke Blog Kami :)

Loading...

Copyright © Tampat Balajar. All rights reserved